Proses komunikasi melibatkan tujuh elemen,yaitu:
- sumber
- pesan
- saluran
- penerima
- akibat/hasil
- umpan balik dan
- gangguan
Dalam setiap proses komunikasi,sumber dan penerima pesan komunikasi masing-masing melakukan tiga kegiatan atau tindakan
- Encoding (membentuk kode-kode pesan)
- Decoding (memecahkan kode-kode pesan)
- Interpreting (menginterpretasikan arti pesan).
Sumber/pengirim pesan/komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang atau suatu organisasi/institusi yang mengambil inisiatif menyampaikan pesan. Pesan adalah berupa lambang atau tanda seperti kata-kata tertulis atau secara lisan,gambar,angka,gestura.
Saluran yaitu sesuatu yang di pakai sebagai alat penyampaian/pengiriman pesan (misalnya: telepon,radio,surat,surat kabar,majalah,TV,gelombang udara dalam konteks komunikasi antarpribadi secara tatap muka). Penerima/komunikan yaitu seseorang atau sekelompok orang atau organisasi/institusi yang menjadi sasaran penerima pesan. Akibat/dampak/hasil yang terjadi pada pihak penerima/komunikan.Umpan balik/feedback yaitu tanggapan balik dari pihak penerima/komunikan atas pesan yang di terimanya. Gangguan (noise) adalah faktor-faktor fisik ataupun psikologis yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses komunikasi
Tingkatan Proses Komunikasi
Menurut Denis McQuail (1987) "Mass Communication Theory"
Proses komunikasi dalam masyarakat berlangsung dalam 6 tingkatan sbb:
- komunikasi intra pribadi
- komunikasi antar pribadi
- komunikasi dalam kelompok
- komunikasi antar kelompok
- komunikasi organisasi
- komunikasi dengan masyarakat luas
Tujuan Dan Akibat Komunikasi
Tujuan komunikasi dapat dilihat dari dua perspektif kepentingan,yaitu kepentingan sumber dan kepentingan penerima.
Tujuan komunikasi dari sudut kepentingan sumber antara lain:
- memberikan informasi
- mendidik
- menyenangkan/menghibur,dan
- menganjurkan suatu tindakan/persuasi
Tujuan komunikasi dari sudut kepentingan penerima antara lain
- memahami informasi
- mempelajari
- menikmati,dan
- menerima atau menolak anjuran
Tujuan komunikasi juga dapat di pandang dari sudut sosial dan individu.
Tujuan Komunikasi di pandang dari sudut kepentingan sosial adalah:
- berbagai pengetahuan umum tentang lingkungan sekitarnya
- sosialisasi peran,nilai,kebiasaan terhadap anggota-anggota baru
- memberi hiburan kepada warga masyarakat,menciptakan bentuk-bentuk kesenian baru,dll
- pencapaian konsensus,mengontrol tingkah laku.
Tujuan komunikasi di pandang dari kepentingan individu adalah:
- menguji,mempelajari dan memperoleh gambaran tentang realitas,kesempatan dan bahaya
- memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk hidup bermasyarakat
- menikmati hiburan,rileks,melarikan diri dari kesulitan hidup sehari-hari,dll
- menentukan keputusan/pilihan,bertindak sesuai aturan sosial.
Hasil dan akibat komunikasi pada dasarnya menyangkut tiga aspek,yaitu aspek kognitif,aspek afektif,dan aspek konatif. aspek kognitif yaitu menyangkut kesadaran & pengetahuan. misalnya menjadi sadar/ingat,menjadi tahu & kenal. Aspek afektif yaitu menyangkut sikap atau perasaan/emosi. Misalnya sikaf setuju/tidak setuju,perasaan sedih,gembira,perasaan benci dan menyukai. Aspek Konatif yaitu menyangkut prilaku/tindakan. Misalnya berbuat seperti apa yang di sarankan,atau berbuat sesuatu tidak seperti apa yang di sarankan (menentang).
Sumber:
uripsantoso.wordpress.com
sbektiistiyanto.files.wordpress.com
Tidak ada komentar:
Posting Komentar