Minggu, 20 November 2011

PROSES KOMUNIKASI

Prinsif Dasar Proses Komunikasi
Proses komunikasi melibatkan tujuh elemen,yaitu:


  • sumber
  • pesan
  • saluran
  • penerima
  • akibat/hasil
  • umpan balik dan
  • gangguan
Dalam setiap proses komunikasi,sumber dan penerima pesan komunikasi masing-masing melakukan tiga kegiatan atau tindakan
  1. Encoding (membentuk kode-kode pesan)
  2. Decoding (memecahkan kode-kode pesan)
  3. Interpreting (menginterpretasikan arti pesan).
Sumber/pengirim pesan/komunikator adalah seseorang atau sekelompok orang atau suatu organisasi/institusi yang mengambil inisiatif menyampaikan pesan. Pesan adalah berupa lambang atau tanda seperti kata-kata tertulis atau secara lisan,gambar,angka,gestura.
Saluran yaitu sesuatu yang di pakai sebagai alat penyampaian/pengiriman pesan (misalnya: telepon,radio,surat,surat kabar,majalah,TV,gelombang udara dalam konteks komunikasi antarpribadi secara tatap muka). Penerima/komunikan yaitu seseorang atau sekelompok orang atau organisasi/institusi yang menjadi sasaran penerima pesan. Akibat/dampak/hasil yang terjadi pada pihak penerima/komunikan.Umpan balik/feedback yaitu tanggapan balik dari pihak penerima/komunikan atas pesan yang di terimanya. Gangguan (noise) adalah faktor-faktor fisik ataupun psikologis yang dapat mengganggu atau menghambat kelancaran proses komunikasi

Tingkatan Proses Komunikasi

Menurut Denis McQuail (1987) "Mass Communication Theory"
Proses komunikasi dalam masyarakat berlangsung dalam 6 tingkatan sbb:
  1. komunikasi intra pribadi
  2. komunikasi antar pribadi
  3. komunikasi dalam kelompok
  4. komunikasi antar kelompok
  5. komunikasi organisasi
  6. komunikasi dengan masyarakat luas
Tujuan Dan Akibat Komunikasi

Tujuan komunikasi dapat dilihat dari dua perspektif kepentingan,yaitu kepentingan sumber dan kepentingan penerima.
Tujuan komunikasi dari sudut kepentingan sumber antara lain:
  1. memberikan informasi
  2. mendidik
  3. menyenangkan/menghibur,dan
  4. menganjurkan suatu tindakan/persuasi
Tujuan komunikasi dari sudut kepentingan penerima antara lain
  1. memahami informasi
  2. mempelajari
  3. menikmati,dan
  4. menerima atau menolak anjuran
Tujuan komunikasi juga dapat di pandang dari sudut sosial dan individu.
Tujuan Komunikasi di pandang dari sudut kepentingan sosial adalah:
  1. berbagai pengetahuan umum tentang lingkungan sekitarnya
  2. sosialisasi peran,nilai,kebiasaan terhadap anggota-anggota baru
  3. memberi hiburan kepada warga masyarakat,menciptakan bentuk-bentuk kesenian  baru,dll
  4. pencapaian konsensus,mengontrol tingkah laku.
Tujuan komunikasi di pandang dari kepentingan individu adalah:
  1. menguji,mempelajari dan memperoleh gambaran tentang realitas,kesempatan dan bahaya
  2. memperoleh pengetahuan dan keterampilan untuk hidup bermasyarakat
  3. menikmati hiburan,rileks,melarikan diri dari kesulitan hidup sehari-hari,dll
  4. menentukan keputusan/pilihan,bertindak sesuai aturan sosial.
Hasil dan akibat komunikasi pada dasarnya menyangkut tiga aspek,yaitu aspek kognitif,aspek afektif,dan aspek konatif. aspek kognitif yaitu menyangkut kesadaran & pengetahuan. misalnya menjadi sadar/ingat,menjadi tahu & kenal. Aspek afektif yaitu menyangkut sikap atau perasaan/emosi. Misalnya sikaf setuju/tidak setuju,perasaan sedih,gembira,perasaan benci dan menyukai. Aspek Konatif yaitu menyangkut prilaku/tindakan. Misalnya berbuat seperti apa yang di sarankan,atau berbuat sesuatu tidak seperti apa yang di sarankan (menentang).


Sumber:
uripsantoso.wordpress.com
sbektiistiyanto.files.wordpress.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar